Minggu, 08 Mei 2011

medical emergency rescue

MEDICAL EMERGENCY RESCUE 2011
vertical and jungle rescue
Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta
Sabtu Minggu, 7-8 Mei 2011

adalah sebuah acara pertemuan TBM (Tim Bantuan Medis) kooerdinasi wlayah 3, Yogyakarta, dan Jawa Tengah dalam rangka pelatihan bersama, keakraban, dan pergerakan bersama antar anggota TBM wilayah 3.

pesertanya ada dari UGM, UII, UNS, Undip, UnSoed, UMS, Unnisula, UMSemarang, dll dan tentunya UMY sebagai penyelenggara..

acaranya ada pelatihan BLS, EMS, Navigasi Darat, Tanggap bencana, vertical dan jungle rescue, plus PRAKTEK ..

anyway, acara di hari sabtunya penuh dengan materi dan kita dipersilahkan duduk manis mendengarkan arahan materi terkait acara tersebut dari beberapa ahli kompeten di bidangnya, acara ini agak kacau karena acara yang seharusnya ditutup dengan FIREWORKS, namun eh namun, hujaan besar datang, sehingga acara api unggun pun gagal, tidur pun menjadi lebih gagal -____-, faktanya tenda putri yang telah berdiri kokoh di atas sana bocor, zzzz

bersyukur hujan ga lama reda, walau tenda sedikit basah, tapi tidur pun harus dilaksanakan untuk bekal besok

hari ke-2..
PRAKTEK, !!
kita diharuskan mendaki puncak gunung api purba, yang menurut ketinggian ga terlalu tinggi bgt kayaknya (maaf lupa mengingat puncak ketinggiannya), dan ini adalah pengalaman pertama gue hey guys... ngedaki bebatuan dengan medan yang cukup licin bekas hujan semalam membuat track2 perjalanan menjadi agak sulit untuk dilewati, jalur pendakian bebatuan terjal pun menjadi keunikan tersendiri saat pendakian... (kelihatannya sulit, tapi beneran , nggak sulit sama sekali)..

perlu waktu sekitar 45-1jam buat nyampe di puncak gunung batu....
waaaaaaa sughanallah :)
bener-bener diatas puncak, dekat dengan awan, paling tinggi di sekitar, kalau tengok bawah, jurang nan jauh pun bebas menangkap mereka2 yang nekat menjatuhkan dirinya kesana..
luaar biasaaaa, pemandangannyaaa benar-benar sangat indah dan ini ga cuma mimpi atau cuma di televisi .. hahahaha :D
beneran deh, buat saya, ini adalah pengalaman pertama yang ga akan bisa terlupakan ....

hal menarik lainnya adalah saat saya menemani teman saya untuk rapling, jujur saja saya setengah fifty-fifty buat diajak rapling sm temen saya.. namun akhirnya ke atas juga buat nyoba rapling..
sesmpainya di atas, udah pasang alat segala macam dengan lengkap,lalu bersiap untuk terjun ke bawah sesuai instruksi dengan berteriak bilang : belay on ....... trap trap trap,jantung lemes, tangan kanan lemes dan lepas begitu saja dari pegangan(rem)... aaaarggggghhhh ...... makjlebb .. langsung berpegangan sama batu dan ga mau lepas, memang saat itu sudah safety, tapi saya benar-benar panik saat tiba-tiba pegangan saya lepas tak kendali -_____-''

oke, tenangkan diri, istirahat sejenak, tunggu giliran berikutnya..
salah satu teman saya yang lain yang akhirnya turun rafting mendahului saya, ternyata juga agak salah sehingga posisi dia terbalik di ats tebing, kakai dikepala-kepala di kaki,, waaaaa...... (itu terjadi gara-gara salah teknik, dimana posisi kaki-nya lebih tinggi dari posisi tangan), yaampun bikin tambah lumer aja nih keberanian buat nyoba rapling :( :(

setelah selesai ditolong, kini giliran saya kembali buat turun rapling, di coba sekali masih ga berani, akhirnya ditemanis dengan salah satu instruktur, tapi-tapi tapi ... beneran syaaa ga berani, tangan kiri udah lemesss bangeeeet ... ga kuaat :( dan SAYA MENYERAH .......
maaaf buat para instruktur ,, maaf banget , tapi kalian super duper sabar dan baikkkk bangeeeeet :) :) :)
memang saya kurang persiapan mental buat nyoba rapling kali itu, sedikit menyesal sih sebenernya saat lihat dari bawah jalur pendakiannya ga jauh-jauh banget, tapi apa daya, saya takut banget pas harus mau rapling jauh ke bawah tadi, semoga ada kesempatan lain yang bisa saya pakai buat rapling selanjutnya amin amin amin ,.... dan harus BISAAA!!!

Well, ini ada beberapa tips buat kalian yang mau pergi hiking, semoga bermanfaat ..
yang perlu di bawa :
-pakaian serap keringat, sandal/sepatu gunung,permen,celana ga mudah robek, air minum, KAMERA (nyesel banget kemaren ga bawa kamera :()
-kalau persiapan mental itu harus buat macam olhraga ekstrim kaya rapling yang benar-benar murni nyata turun dari ketinggian yang sangat tinggi, jadi fikirkan terlebih dahulu apakah kamu siap atau tidak melaluinya
- niat .. kalau ada niat pasti ada jalan ..


#thanks a lot my friend for accompaning me in this weekend, fitria, ima, deepan, naila, dira, shuuba, mba ee', mbak2 lain, mas2 yang lain and the comitte irhash, tari, nuha, elsa, monica, aziz, and others also the others participants . also also also the trainer from SAR yogyakarta, hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar